aktivitas

codingPusat Kebijakan dan Manajamen Kesehatan (PKMK) Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada bekerjasama dengan Rumah Sakit Arsani di Bangka memberikan pelatihan “peningkatan ketepatan koding diagnosis” tanggal 8 sampai 9 Januari 2018. Kegiatan dilakukan untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan keterampilan kepada koder tentang kode diagnosis ICD 10 dan ICD 9 untuk mencegah terjadinya fraud dalam layanan kesehatan.

lrukPusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada bekerjasama dengan Litbang BPJS Kesehatan melakukan penelitian “pengukuran, evaluasi, dan tindak lanjut indikator kualitas fasilitas pelayanan kesehatan berbasis website”. Penelitian dilakukan selama 3 bulan pada tahun 2017 lalu. Tim peneliti PKMK adalah dr. Hanevi Djasri sebagai principal investigation, Eva Tirtabayu Hasri S.Kep.,MPH sebagai Co-PJ dan peneliti, dr. Novika Handayani dan Andriani Yulianti SE.,MPH sebagai peneliti, dan Irvan Taufik ST sebagai Web Developer. Penelitian ini dibantu juga oleh Penjamin Manfaat Primer (PMP) dan Penjamin Manfaat Rujukan (PMR) BPJS Kesehatan wilayah penelitian.

bl spMemilih fasilitas kesehatan berdasarkan pertimbangan mutu merupakan salah hal tahap penting yang perlu diambil dalam konsep strategic purchasing bidang pelayanan kesehatan selain efisiensi dan ekuitas pelayanan. Sebagaimana diatur dalam teori principal agent relationship bahwa BPJS Kesehatan sebagai principal dan provider sebagai agen mempunyai hubungan yang diatur dalam kontrak yang seharusnya berisi definisi mutu, dimensi mutu, indikator mutu, pengukuran pencapaian mutu, dan insentif-insentif terkait pencapaian mutu.

6des

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK UGM telah ikut bergabung dalam melakukan riset ketengaan di bidang pelayanan kesehatan (Risnakes) yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan. Peneliti PKMK yang ikut bergabung adalah Eva Tirtabayu Hasri S.Kep.,MPH dan Andriani Yulianti SE.,MPH. peneliti PKMK yang ditugaskan sebagai penanggung jawab kabupaten di wilayah Pontianak. Selama bulan Agustus 2017, tim melakukan pengawasan kepada enumerator-enumerator di wilayah kabupaten Mempawah dan Bengkayang yang melakukan pengambilan data di Dinas Kesehatan, Rumah Sakit dan Puskesmas. Riset ini bertujuan untuk memotret sumber daya manusia yang bekerja di bidang pelayanan kesehatan, sehingga harapannya dapat dipetakan kebutuhan sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh Rumah Sakit dan Puskesmas.

Pendampingan penyusunan Standar Pelayanan Mutu RSPP Malaka dilaksanakan 2 tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 25 – 26 Oktober 2016. Kegiatan ini dihadiri oleh staf klinisi dan manajemen RSPP Malaka serta Konsultan dari PKMK FK UGM. Agenda tahap pertama dalam pendampingan ini yaitu pemaparan mengenai Standar pelayanan Minimal di Rumah Sakit, pembentukan pokja yang disesuaikan dengan kebutuhan yang ada dalam SPM, identifikasi tiap pokja dan penyusunan rencana pencapaian SPM.