aktivitas

2122nov

Yogyakarta, Bimbingan teknis dengan topik Persiapan Survei Ulang (Re Akreditasi) Puskesmas dilaksanakan selama 2 hari yakni pada tanggal 21-22 November 2018. Bertempat di Fave Hotel Kota Baru Yogyakarta. Peserta yang hadir dalam pelatihan ini berasal dari Puskesmas Bojong 1, Puskesmas Gunung Padang Panjang, Puskesmas Bawang Banjarnegara dan 1 orang yang berasal dari Stikes Muhammadyah Klaten. Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut merupakan kegiatan yang sesuai dengan amanat Permenkes No. 46 Tahun 2015 bahwa Puskesmas yang telah terakreditasi akan dilakukan akreditasi ulang atau re-akreditasi setiap 3 tahun sekali. Bagi Puskesmas yang telah terakreditasi pada tahun 2015, maka pada tahun 2018 harus dilakukan akreditasi kembali.

1516nov

Yogyakarta, Bimbingan teknis dengan topik Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien dilaksanakan selama 2 hari yakni pada tanggal 15-16 November 2018. Bertempat di hotel Boutique, jalan Prof Yohannes 1 Yogyakarta. Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut merupakan kegiatan yang dilakukan dalam mendampingi tim dari Puskesmas Beteleme Sulawesi Tengah. Diketahui bahwa Puskesmas Beteleme merupakan Puskesmas yang sudah di akreditasi dan memperoleh akreditasi dasar dan saat ini sedang mempersiapkan re-akreditasi pada tahun 2019 mendatang.

p 1

Pasca gempa, tsunami dan likuifaksi yang telah menghantam kota Palu mengakibatkan menurunnya fungsi Puskesmas, hal ini diakibatkan antara lain oleh bangunan Puskesmas yang mengalami kerusakan, obat-obatan yang kurang, alat-alat medis rusak, sumber air tidak ada, staf Puskesmas yang meninggal, staf Puskesmas yang mengalami trauma sehingga tidak mau bekerja, staf Puskesmas yang rumahnya roboh.

btg 1

Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan ibu dan anak adalah menyusun Manual Rujukan Maternal dan Neonatal (MRMN). MRMN merupakan sinergi sistem dalam sistem rujukan, mencakup sistem manajemen/program, sistem pelayanan klinis, sistem pembiayaan, sistem informasi, dan sistem transportasi. Beberapa kabupaten/kota seperti Papua, Kalimantan, dan Yogyakarta telah mempunyai MRMN, MRMN yang ada disusun atas hasil kerjasama dengan Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FKKMK Universitas Gadjah Mada.

The 13th SEA Regional Scientific Meeting of the International Epidemiological Association and International Conference on Public Health and Sustainable Development telah berlangsung pada tanggal 3-5 Oktober 2017 di Hotel Prime Plaza Sanur, Bali. Seminar ini membahas berbagai topik tentang mutu dan pembiayaan dalam era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Non Communicable Disease (NCD), dan pemanfaatan data untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Secara khusus, seminar ini membahas sembilan topik, yaitu:

  1. AIDS, TB dan Malaria
  2. Environmental and occupational health
  3. Maternal and child health
  4. The emerging and re-emerging disease
  5. Universal health coverage
  6. Public health nutrition
  7. NCD and risk faktors
  8. Public health policy
  9. Health quality

Eva Tirtabayu Hasri S.Kep.,MPH dan dr. Novika Handayani melaporkan reportase seminar selama tiga hari.