Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Kualitas Puskesmas Yogyakarta Mengalami Perkembangan Positif

Screen Shot 2017 10 17 at 11.03.43 AMYOGYAKARTA -- Sebanyak tiga Puskesmas yakni Puskesmas Pakualaman, Ngampilan dan Kraton siap mengikuti akreditasi tahun ini.

Ketiganya akan Dinilai oleh tim surveyor akreditasi pusat selama empat hari sejak16 Oktober hingga 19 oktober 2017.

Kepala Dinas Kesehatan Yogyakarta, Fita Yulia Kisworini mengatakan, dari 18 puskesmas di Yogyakarta, lima puskesmas sudah terakreditasi pada tahun 2015 dengan satu paripurna. Sementara tahun 2016 ada sembilan puskesmas yang telah terakreditasi dengan satu paripurna.

Sementara itu Ketua Tim Survey Akreditasi Siti Wahyuningsih mengatakan, Puskesmas di Kota Yogyakarta melaju begitu cepat sejak mengikuti akreditasi pada 2015 lalu. "Grafiknya indikator kualitasnya kian meningakat," ujarnya disela-sela pra- opening meeting survey akreditasi puskesmas di Hotel Horison Yogyakarta, Ahad (15/10) malam.

Ia juga mengatakan, akreditasi ini bertujuan meningkatkan mutu pelayanan puskesmas yang ada di Kota Yogyakarta. Kriteria penilaian akreditasi puskesmas diantaranya standar administrasi dan manajemen yang meliputi penyelenggaraan pelayanan kesehatan, kepemimpinan dan manajemen puskesmas, serta peningkatan mutu puskesmas.

"Selain itu juga ada standar program puskesmas yang harus dipenuhi. Yaitu Program Puskesmas yang Berorientasi Sasaran (PPBS), Kepemimpinan dan Manajemen Program Puskesmas (KMPP), serta Sasaran Kinerja dan MDGs (SKM)," kata dia.

 

OLeh: Eric Iskandarsjah

Sumber: http://nasional.republika.co.id/