aktivitas

Pada Kamis, 10 September 2020, PKMK FK - KMK UGM kembali menyelenggarakan Forum Diskusi Mutu Pelayanan Kesehatan Online seri keempat. Kegiatan ini diselenggarakan bekerjasama dengan Indonesian Healthcare Quality Network (IHQN) dan Komunitas Parenting La Familia Jogja. Kegiatan dilakukan melalui zoom meeting yang diikuti 163 peserta dan YouTube streaming yang diikuti oleh 258 peserta. Moderator kegiatan ini adalah dr. Novika Handayani dan diisi oleh tiga pembicara yaitu dr. Ngabila Salama, MKM selaku Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Mei Neni Sitaresmi, Ph.D, Sp.A(K) selaku konsultan tumbuh kembang Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKKMK UGM/RSUP Dr. Sardjito dan dr. Purnamawati, Sp.A(K), M.Med.Paed dari Yayasan Orangtua Peduli.

19ags2Minimnya tenaga rekam medis di Fasilitas Kesehatan Tingkat Primer (FKTP) banyak dikeluhkan oleh tenaga kesehatan, hal ini berdampak pada rendahnya kualitas RM. Kualitas RM menjadi bukti tata laksana layanan medis, keperawatan maupun kebidanan yang baik.

Audit rekam medis penting dilakukan untuk menilai mutu layanan yang diberikan oleh Nakes di FKTP, dilakukan dalam bentuk audit klinis. Standar akreditasi menyebutkan bahwa, audit klinis minimal dilakukan sekali dalam setahun. Secara fakta, audit klinis dapat dilakukan lebih dari itu.

19ags

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) telah menyelenggarakan Bimtek Pengisian Resume Medis pada tanggal 10-11 Agustus lalu, fasilitator Bimtek dr. Endang Suparniati, M.Kes dan Eva tirtabayu Hasri S.Kep.,MPH. Bimtek ini diselenggarakan karena adanya temuan di fasilitas pelayanan kesehatan bahwa pengisian resume medis sering tidak lengkap sehingga terjadi klaim pending.

rep28jl

Reporter: Eva Tirtabayu Hasri S.Kep.,MPH

Selain menjaga keselamatan pasien, keselamatan petugas kesehatan juga harus dijaga, ungkap dr. Novika Handayani membuka forum diskusi mutu pelayanan kesehatan online. Sekitar 60-an dokter meninggal karena positif COVID-19 dan PDP COVID. Apa penyebabnya? dr. Firman Fauzan Arief Lutfie, Sp.JP (Ketua Tim Code Blue RSA UGM) memaparkan bahwa code blue yang belum optimal dapat menjadi salah satu penyebab tingginya angka kematian pasien COVID-19. Divisi Manajemen Mutu Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK - KMK UGM secara rutin menyelenggarakan forum ini (22/7/20).