Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Peringati Pekan ASI Sedunia, Bagi Bingkisan Pasien Ibu Menyusui

Screen Shot 2019 08 23 at 1.38.59 PMJawaPos.com - Pekan Air Susu Ibu (ASI) Internasional atau World Breastfeeding Week (WBW) diperingati setiap tanggal 1 hingga 7 Agustus. Sejarah Pekan ASI Sedunia ini dicatat bermula dari forum World Alliance for Breastfeeding Action (WABA)

yang digelar di markas United Nations Children’s Fund atau UNICEF, di New York, Amerika Serikat, pada 1991.

Peringatan pekan ASI dilaksanakan serentak selama seminggu di seluruh belahan dunia. Tidak ketinggalan bagi RSUD Blambangan Banyuwangi.

Pada 1 Agustus 2019 lalu, Plt Direktur RSUD Blambangan dr Siti Asiyah Anggraeni MMRS bersama seluruh perawat dan bidan dari Ruang Bayi, Ruang Bersalin, Ruang Rawat Gabung, dan Poli Kandungan, juga turut serta memperingati pekan ASI. Untuk tahun 2019, dilansir situs WHO, Pekan ASI Sedunia mengusung tema ”Empower Parents, Enable Breastfeeding” atau ”memberdayakan orang tua, mengaktifkan menyusui”.

Tema yang diusung untuk Pekan ASI tahun ini bertujuan untuk menggencarkan peran orang tua dalam proses menyusui. Bukan hanya bagi ibu, tapi juga peran ayah. Sehingga dapat menjaga kenyamanan bagi ibu dan bayi menyusui. Peringatan di RSUD Blambangan dilakukan dengan kegiatan foto bareng Plt Direktur RSUD Blambangan bersama perwakilan perawat dan bidan dari Ruang Bayi, Ruang Bersalin, Ruang Rawat Gabung, dan Poli Kandungan dengan banner Pekan ASI. Setelah itu dilanjutkan dengan kunjungan ke Ruang Rawat Gabung, di mana ibu dan bayi dirawat dalam satu ruangan.

Pada kunjungan ini, perawat ruangan melakukan edukasi kepada ibu yang baru melahirkan mengenai pentingnya menyusui bagi bayi hingga usia enam bulan. Kemudian dilanjutkan hingga usia 24 bulan, dengan pemberian tambahan makanan pendamping bagi bayi. Dalam edukasi tersebut dijelaskan, bagaimana menghindari trauma menyusui bagi ibu yang baru belajar memberi ASI.

Hal tersebut merupakan poin sangat penting diketahui oleh ibu yang baru memberi ASI. Tujuannya agar ibu bisa terus memberi ASI demi mengoptimalkan kesehatan gizi dan kesehatan ibu beserta anak. Setelah edukasi yang diberikan pada ibu-ibu di Ruang Rawat Gabung, plt Direktur RSUD Blambangan memberikan bingkisan pada perwakilan ibu menyusui yang ada di Ruang Rawat Gabung.
(bw/*/rbs/als/JPR)

 

 

 

Oleh: Ali Sodiqin (Editor)

Sumber: https://radarbanyuwangi.jawapos.com/read/2019/08/06/149709/peringati-pekan-asi-sedunia-bagi-bingkisan-pasien-ibu-menyusui