Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Hal yang Bisa Menyebabkan Kegagalan Jantung Pada Pasien Lansia

Screen Shot 2019 09 16 at 12.36.25 PMJakarta - Gagal jantung disebut sebagai penyebab meninggalnya BJ Habibie. Pada dasarnya, gagal jantung merupakan fase akhir dari berbagai jenis penyakit jantung.

Hal itu bisa dialami seseorang, tergantung dari seberapa lama dan seberapa parahnya penyakit jantung pasien. Orang yang punya riwayat serangan jantung berat, bisa jadi cepat mengalami gagal jantung.

"Kalau orang yang punya hipertensi, dia butuh waktu (sampai gagal jantung). Bisa 5 tahunan, 10 tahunan," ujar dr Vito A Damay, SpJP(K), MKes, FIHA, FICA saat berkunjung ke kantor detikcom, Kamis (12/9).

Baca juga: Kondisi Menurun, Apa Olahraga yang Cocok Buat Lanjut Usia ?

Gagal jantung juga dapat datang karena komplikasi penyakit lainnya. Beberapa di antaranya adalah anemia heart disease, thyroid heart disease, dan ada pula yang terjadi tanpa sebab.

"Untuk yang enggak ada sebabnya, ya pengobatannya jadi yang untuk gagal jantung. Biasanya terkontrol. Aktivitas sehari-hari bisa, tapi olahraga berat ya pasti enggak sanggup," kata dr Vito.

Pada lansia, pencegahan masih tetap bisa dilakukan. Misalnya dengan olahraga ringan semisal jalan atau berenang, namun dilakukan 30 menit setiap hari. Tak lupa melakukan check up ke dokter.

Sejatinya orang-orang berusia lanjut yang tak punya faktor risiko seperti hipertensi, merokok, atau diabetes, kecil kemungkinan mendapat sakit jantung. Hal itu juga didukung dengan menjaga pola hidup yang baik di usia senja.

 

 

Oleh:Ulfa Nabila Jayanti
Sumber:https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4705075/hal-yang-bisa-menyebabkan-kegagalan-jantung-pada-pasien-lansia