Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Siloam Hospitals Jambi Ingin Pasien Paham Pentingnya Patients Safe

Menyambut Patients Safe Awareness Week (PSAW) Siloam Hospitals Jambi aktif kampenyakan Patients Safe. Dengan tema “SAFE HEALTH WORKERS, SAFE PATIENTS” kampanye ini berlangsung 13-19 Maret 2022 di Siloam Hospitals Jambi.

"Ini merupakan program yang dibuat Siloam Hospitals Grup dimana kita mengadakan PSAW jadi dalam satu minggu ini kita mau meningkatkan kesadaran pasien terhadap Patients Safe atau keselamatan pasien, jadi kita membuatkan satu bingkisan untuk pasien yang berupa info bahwa pasien safety itu penting di rumah sakit dan itu berjalan di Siloam Jambi," jelas Muji Harto, dari Siloam Hospitals Jambi, Sabtu (19/3/2022).

Penting bagi pasien sadar agar speak up pasien safety atau menyampaikan bila dirasakan ada yang kurang atau tidak sesuai pada pihak rumah sakit. Tujuannya untuk keselamatan pasien itu sendiri.

Semua orang menginginkan informasi kesehatan yang akurat. Anda tidak sendirian jika terkadang bingung terhadap informasi tentang perawatan kesehatan anda dapat lebih memahami perawatan kesehatan Anda dengan bertanya.

"Jangan malu jika tidak memahami sesuatu tanyakan lagi sampai Anda paham," sebut Muji.

Ia mengatakan, penting sekali bagi pasien untuk menyampaikan keluhannya atau kendala yang dirasa karena berhubungan dengan Patients Safe.

"Tentu sangat penting menyampaikan Patients Safe karena berhubungan dengan penyakitnya, keselamatan pasien, kalau tidak dilakukan pasien safety salah satunya identifikasi pasien jangan sampai pasien 1 dan pasien lain karena namanya sama bisa tertukar treatmen misal dari dietnya," jelasnya.

Muji mengatakan, ke depan Siloam Hospitals Jambi akan rutin menggelar program yang sama dengan tema yang berbeda.

"Konsepnya mungkin tidak sama tapi idenya tetap sama kita mau membuat pasien speak up, dan sebenarnya speak up kita sudah mulai dari karyawan kita sendiri, culture of safety yang sudah dimulai dari beberapa tahun lalu, speak up merupakan bagian penting kita untuk meningkatkan kualitas kita," pungkasnya.

sumber: https://jambi.tribunnews.com/2022/03/20/siloam-hospitals-jambi-ingin-pasien-paham-pentingnya-pasien-safety