Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Reportase Post Forum I Menyusun Rencana Penelitian Terapan Keselamatan Pasien dan Mutu Pelayanan Kesehatan di RS dan Puskesmas

post fm1

Dunia medis terus melakukan inovasi untuk perubahan menuju yang lebih baik dan tidak mengulang kejadian yang sebelumnya kurang baik. Lewis King merupakan orang Amerika yang mengalami kejadian tidak menyenangkan di rumah sakit. Pria tersebut menderita diabetes melitus dan pada kakinya sudah muncul gangren harus diamputasi. Namun kesalahan terjadi di kamar operasi yakni dokter melakukan amputasi pada kaki yang salah, sehingga terpaksa kaki yang sebelahnya harus segera diamputasi juga agar gangren tidak menyebar semakin luas.

Pada 1990-an dunia mulai untuk meneliti tentang keselamatan pada pasien. Dari tahun ke tahun, angka kejadian KTD di rumah sakit semakin bertambah. Penambahan angka tersebut disebabkan oleh instrumen untuk penelitian semakin baik. Budaya patient safety pun semakin dikenal oleh masyarakat, sehingga masyarakat pun mulai sadar tentang haknya dan dapat segera melaporkan kepada yang berwajib apabila mendapatkan perlakuan yang tidak sesuai prosedur. Upaya untuk mengatasi permasalahan patient safety juga masih kurang, sementara permasalahan setiap saat terus bertambah.

Global Burden of Unsafe Medical Care pada 2013 menyebutkan bahwa tiap 100 pasien yang melakukan rawat inap, maka terdapat sekitar 14,2 KTD di negara high income country dan 12,7 di negara low-middle income country. Apabila dilihat secara global maka diketahui bahwa 43 juta kejadian pasien terluka selama dirawat di rumah sakit. Penyebab utama dari kejadian tersebut adalah unsafe caring.

Sesi pertama dalam post forum IHQN 2017, seluruh peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Pemilihan kelompok tersebut disesuaikan dengan latar belakang instansi peserta yakni puskesmas, rumah sakit, dan akademis. Peserta diwajibkan untuk menyusun suatu proposal sesuai dengan kelompok yang telah ditetapkan. Harapannya proposal yang telah disusun tersebut dapat dikembangkan kembali setelah acara selesai.

Reporter: Wisnu Damarsasi, MPH

Add comment

Security code
Refresh