Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Reportase Bimbingan Teknis Audit Klinis (Audit Medis & Keperawatan) di Rumah Sakit dan Puskesmas/Klinik

bimtek2021

Audit klinis dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan yang diberikan oleh klinisi di RS dan Puskesmas kepada pasien. Berdasarkan manfaatnya, maka KARS dan komisi akreditasi FKTP dalam standar akreditasi menyebutkan tentang audit klinis, bahwa setiap PKM dan RS harus melakukan audit klinis.

Standar PMKP 5.1 akreditasi RS menyebutkan bahwa “dilakukan evaluasi proses pelaksanaan panduan praktik klinik, alur klinis (clinical pathway), dan/atau protocol klinis, dan/atau prosedur, dan/atau standing order di prioritas pengukuran mutu pelayanan klinis”. Evaluasi dapat dilakukan melalui audit medis dan atau audit klinis untuk menilai efektivitas penerapan panduan praktik klinik dan alur klinis sehingga dapat dibuktikan bahwa penggunaan panduan praktik klinis serta alur klinis telah mengurangi variasi proses dan hasil. Salah satu elemen penilaian di standar PMKP 5.1 mengharuskan adanya bukti Rumah sakit telah melaksanakan audit klinis dan atau audit medis pada panduan praktik klinis/alur klinis prioritas di tingkat rumah sakit berupa dokumen dan wawancara.

Standar akreditasi FKTP pada 7.4. Rencana Layanan Klinis menyebutkan juga “Rencana tindakan dan pengobatan serta rencana layanan terpadu jika diperlukan penanganan oleh tim kesehatan antar profesi disusun dengan tujuan yang jelas, terkoordinasi dan melibatkan pasien/keluarga”. FKTP melakukan pelaksanaan evaluasi layanan klinis melalui audit klinis. Pelatihan ini akan mendukung pelaksanaan tugas klinisi dalam meningkatkan dan mengevaluasi mutu di FKTP dan FKRTL.

Berdasarkan latar belakang diatas, Pusat Kebijakan dan Manejemen Kesehatan (PKMK) FKKMK UGM secara rutin menyelenggarakan Bimtek Audit Klinis. Kegiatan ini juga kami selenggarakan dalam bentuk in house training, waktu pelaksanaan disesuaikan dengan kebutuhan instansi.

Info kegiatan & Penulis: Eva Tirtabayu Hasri S.Kep.,MPH | 082324332525 |