Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

  Deskripsi

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK-KMK UGM bekerjasama dengan Indonesian Healthcare Quality Network (IHQN) mengundang pemerhati mutu Se-Indonesia untuk mengikuti ISQua Internasional Conference ke-40 di Istanbul Lutfi Kirdar International Convention & Exhibition Center dengan tema “Health for People and Planet: Building Bridges to a Sustainable Future”.

PKMK dan IHQN akan memfasilitasi bapak/ibu mulai dari membuat abstrak dan poster ilmiah, mempersiapkan diri dan strategi untuk memperoleh hasil maksimal dari keikutsertaan dalam konfrensi internasional, membahas berbagai isu-isu terkini yang muncul dalam workshop dan konfrensi, hingga menyusun rencana tindak lanjut peningkatan mutu ditingkat pengambil kebijakan dan manajerial, jadi tidak sekedar datang, duduk dan foto-foto.

  Kegiatan

Terdiri dari 6 rangkaian kegiatan yang akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi para peserta baik dalam peningkatan kompetensi, mendapatkan ide-ide segar, membangun jejaring, hingga wisata. Rangkaian kegiatan terdiri dari:

  1. Workshop I “Menjadi Individu Pembelajar“: Para peserta akan saling berdiskusi untuk bersama-sama mempersiapkan diri mengikuti konfrensi, membagi rencana dan proses pembelajaran, serta penyusunan laporan/rencana tindak lanjut. Kegiatan online Zoom, tanggal 16 September Tahun 2024 (satu minggu sebelum berangkat)
  2. Workshop ISQUA “Peningkatan Kompetensi”: Para peserta akan memilih satu dari sekian banyak pilihan peningkatan kompetensi teknis upaya peningkatan mutu dengan fasilitator internasional. Kegiatan onsite di Turki, tanggal 24 September Tahun 2024. Hasil workshop akan dibahas bersama antar peserta pada pertemuan informal di hotel saat makan malam.
  3. Konfrensi ISQUA “Menangkap Ide dan Inovasi Terbaru”: Para peserta akan mengikuti konfrensi selama 3 hari yang akan terbagi dari banyak tema dan sesi dengan narasumber dan pakar dari berbagai negara. Kegiatan onsite di Turki, tanggal 25-27 September Tahun 2024. Berbagai ide dan inovasi terbaru akan dibahas bersama antar peserta pada pertemuan informal di hotel saat makan malam.
  4. Tour Turki “Turkaegean, The Coast of Happiness”: Para peserta akan bersama-sama mengikuti tour hari tanggal 28-29 September* (akan diinformasikan lebih lanjut)
  5. Workshop II “Effective Action Plan”: Para peserta akan kembali bertemu untuk membahas berbagai usulan kegiatan dan kebijakan peningkatan mutu pelayanan kesehatan baik di tingkat Fasyankes (melalui penyusunan RTL) maupun di tingkat nasional. Indonesia (melalui penyusunan policy brief. Kegiatan online Zoom, tanggal 7 Oktober Tahun 2024 (1 minggu setelah kembali ke Indonesia)

   Jadwal Perjalanan

Berangkat dari Jakarta tanggal 23 September Kembali ke Jakarta tanggal 30 September

   Output

Dengan mengikuti rangkaian kegiatan ini, para peserta diharapkan dapat:

  1. Meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah
  2. Menyusun abstrak untuk submit ke ISQUA
  3. Memahami isu mutu global
  4. Membangun networking global
  5. Meningkatkan kemampuan menulis saran peningkatan mutu
  6. Terlibat dalam publikasi buku ISBN berjudul “peningkatan mutu untuk Indonesia dari pembelajaran kesehatan tingkat dunia”

  Tim Fasilitator

  1. Dr. dr. Hanevi Djasri, MARS, FISQua
  2. Eva Tirtabayu Hasri, S.Kep, MPH

  Peserta Kegiatan

Rangkaian kegiatan tersebut dapat diikuti oleh:

  1. Para pemilik dan pengelola Fasyankes (rumah sakit, puskesmas, klinik, praktek mandiri)
  2. Para regulator pelayanan kesehatan (Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan, BPJS Kesehatan)
  3. Lembaga akreditasi RS (pembimbing dan penyurvei)
  4. Dosen, Peneliti, Mahasiswa, dan Akademisi, serta Pemerhati Mutu

  Biaya 

  • Biaya mengikuti Workshop I - III sebesar Rp. 3.500.000,-
  • Biaya semua workshop di Indonesia, workshop ISQua dan konfrensi ISQua di Turki, serta tiket pesawat PP dan hotel 8D7N sebesar Rp. 45.000.000,- 
    (Biaya tentatif sesuai registrasi ISQua)

Link pendaftaran

 

Rincian Kegiatan Workshop

WORKSHOP I

Workshop I “Menjadi Individu Pembelajar“ (Online zoom)  |  16 September 2024

Waktu Materi Fasilitator
09.00-09.45 Pengenalan template reportase Eva Tirtabayu Hasri, S.Kep, MPH
09.45-10.30 Cara menyimak presentasi narasumber Dr. dr. Hanevi Djasri, MARS, FISQua
10.30-11.15 Menulis reportase dan diskusi Dr. dr. Hanevi Djasri, MARS, FISQua
11.15-12.00 Pembagian sesi dan reportase Eva Tirtabayu Hasri, S.Kep, MPH

 

 

 

Narahubung

Eva Tirtabayu Hasri, S.Kep, MPH
No. Telp 0823-2433-2525
Email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.