Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Bimbingan Teknis
Penyusunan Rekam Medis di FKTP

Yogyakarta, 4 - 5 Oktober 2019

  Topik Ini Menjawab Masalah Apa?

Fasilitas Kesehatan Tingkat Primer (FKTP) diharuskan untuk mempunyai rekam medis, hal ini tertuang pada Bab VIII Manajemen Penunjang Layanan Klinis (MPLK). Standar 8.4 menyebutkan bahwa Kebutuhan data dan informasi asuhan bagi petugas kesehatan, pengelola sarana, dan pihak terkait di luar organisasi dapat dipenuhi melalui proses yang baku. Berdasarkan standar, FKTP harus mempunyai rekam medis.

Berkas rekam medis pasien adalah suatu sumber informasi utama mengenai proses asuhan dan perkembangan pasien, sehingga merupakan alat komunikasi yang penting. Agar informasi ini berguna dan mendukung asuhan pasien keberlajutan, maka perlu tersedia selama pelaksanaan asuhan pasien dan setiap saat dibutuhkan, serta dijaga selalu diperbaharui (up to date). Catatan medis keperawatan dan catatan pelayanan pasien lainnya tersedia untuk semua praktisi kesehatan pasien tersebut. Kebijakan Puskesmas mengidentifikasi praktisi kesehatan mana saja yang mempunyai akses ke berkas rekam medis pasien untuk menjamin kerahasiaan informasi pasien.

Fasilitas Kesehatan Tingkat Primer (FKTP) harus menyusun rekam medis sesuai dengan standar dan kriteria yang telah ditetapkan oleh komisi akreditasi FKTP. Untuk itu, FKTP perlu mengikuti pelatihan “penyusunan rekam medis FKTP” untuk memenuhi standar akreditasi dan meningkatkan mutu layanan yang diberikan kepada masyarakat.

   Tujuan

Secara umum pelatihan ini bertujuan membantu FKTP membangun sistem informasi dalam hal ini rekam medis. Secara khusus pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan tentang:

  1. Konsep rekam medis berdasarkan PMK Nomor 269 Tahun 2008
  2. Kebijakan tentang standarisasi kode klasifikasi diagnosis, kode prosedur, symbol, dan istilah yang dipakai
  3. Kebijakan rekam medis di Puskesmas
  4. Penetapan kebijakan dan prosedur akses petugas terhadap informasi medis
  5. Metoda pengambilan, penyimpanan, dan retensi rekam medis
  6. Review rekam medis rawat inap dan rawat jalan
  7. Penilaian dan tindak lanjut kelengkapan dan ketepatan isi rekam medis
  8. Audit klinis
  9. Praktek audit klinis

  Kriteria Peserta

Peserta pelatihan adalah tenaga kesehatan background rekam medis ataupun yang bekerja sebagai rekam medis di FKTP , jumlah peserta maksimal 30 orang.

  Narasumber

Tim narasumber dan fasilitator dalam pelatihan ini adalah:

  1. dr. Lucia Sri Redjeki MPH
  2. Eva Tirtabayu Hasri, S.Kep, MPH
  3. Andriani Yulianti MPH
  4. dr. Endang Suparniati M.Kes

Tim pelatih berasal dari PKMK FK UGM. PKMK FK UGM. PKMK FK UGM berpengalaman dalam penelitian, konsultasi, pendampingan, maupun pelatihan terkait pencegahan fraud layanan kesehatan, akreditasi rumah sakit, akreditasi FKTP/klinik, strategic purchasing, koding, penyusunan rekam medis sesuai standar akreditasi, audit klinis/audit keperawatan, FMEA dan RCA, ketepatan penulisan resume medis, dan penyusunan clinical pathways. Bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, KPK, Dinas Kesehatan, BPJS Kesehatan, Rumah Sakit, FKTP/klinik, serta ACFE Indonesia Chapter dalam melakukan riset, pelatihan, maupun pendampingan.

  Biaya

Rp. 3.500.000/ orang. Biaya pendaftaran dapat ditransfer melalui: Bank BNI UGM Yogyakarta No. Rekening 9888807172010997 atas nama UGM FKU PKMK Dana Kerjasama Penelitian Umum.

  Kontak

Silakan hubungi kami bila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut

Informasi Konten

Eva Tirtabayu Hasri, S.Kep, MPH
No. HP  082324332525   |   This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.