Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

[E-BOOK] Avoiding Medicare Fraud & Abuse: A Roadmap for Physicians

DEPARTMENT OF HEALTH AND HUMAN SERVICES
Centers for Medicare & Medicaid Services (CMS)

Penelitian di seluruh dunia menunjukkan bahwa klinisi merupakan aktor terbesar yang berpotensi melakukan fraud layanan kesehatan (60%) dibandingkan aktor-aktor lainnya seperti pasien, pabrik farmasi dan alkes, serta pihak pembayar. Sebenarnya mayoritas klinisi masih menjunjung tinggi nilai-nilai etik dalam memberi pelayanan kepada pasien. Hanya sebagian kecil yang melakukan praktek-praktek curang untuk mendapat keuntungan finansial dari program cakupan semesta.

Untuk menjaga klinisi tetap pada jalur yang benar dalam memberi pelayanan pasien dan mematuhi aturan yang berlaku dalam program cakupan semesta, Department of Health and Human Services bersama CMS menerbitkan buku panduan berjudul “Avoiding Medicare Fraud & Abuse: A Roadmap for Physicians”. Buku ini sebagian besar berisi tentang pedoman klinisi dalam bekerja sama dengan pihak pembayar, sesama klinisi, serta vendor alat kesehatan dan obat.

Isi buku ini tentunya didasarkan pada situasi dan peraturan yang berlaku di Amerika Serikat. Namun, buku ini dapat juga diadopsi oleh Kementerian Kesehatan RI dan BPJS Kesehatan untuk membuat pedoman serupa bagi klinisi di Indonesia.

Silakan unduh buku panduan ini, pada link berikut

klik disini