Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Kerangka Acuan

Pelatihan Evaluasi Pelaksanaan Program dan Analisa Data Mutu dan Keselamatan Pasien di Puskesmas dan Klinik Pratama

Disusun Oleh
Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK UGM

  LATAR BELAKANG

Intisari dari berbagai macam upaya peningkatan mutu dan keselamatan pasien adalah untuk: Menggerakkan kepemimpinan menuju perubahan budaya organisasi; Proaktif mengidentifikasi dan menurunkan risiko dan penyimpangan; Fokus pada isu prioritas berdasarkan data; dan Mencari cara perbaikan yang bersifat langgeng. Upaya peningkatan mutu layanan klinis, dan keselamatan pasien menjadi tanggung jawab seluruh tenaga klinis yang memberikan asuhan pasien. Tenaga klinis wajib berperan aktif mulai dari identifikasi permasalahan mutu layanan klinis, melakukan analisis, menyusun rencana perbaikan, melaksanakan, dan menindaklanjuti. Untuk mengidentifikasi permasalahan mutu layanan klinis, potensi terjadinya risiko dilakukan dengan menggunakan indikator-indikator pelayanan klinis yang ditetapkan oleh fasilitas kesehatan dengan acuan yang jelas dan perlu mengevaluasi program dan analisa data dan keselamatan pasien puskesmas dan klinik pratama secara komprehensif.

Sejalan dengan kebutuhan FKTP dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan maka perlu adanya pemahaman mengenai pengolahan data mutu agar dapat memberikan pelayanan dengan fokus kepada pasien. Sarana pelayanan kesehatan harus dapat menggunakan data dan menggunakannya untuk memprediksikan pelayanan ke masa depan, hal ini penting karena selama ini banyak sarana pelayanan kesehatan hanya menggunakan data untuk melihat masa lalu, sehingga diperlukan pemahaman keterampilan dan kemampuan untuk mengelola data mutu sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat.

Pengolahan data dilakukan untuk mencegah sindrom kaya akan data namun miskin informasi, sehingga data harus dapat dikumpulkan, dievaluasi dan diubah menjadi informasi yang berguna untuk membuat kesimpulan dan keputusan. Lebih lanjut evaluasi program dan analisa data dan keselamatan pasien tersebut perlu menekankan bahwa perencanaan, perancangan, monitor, analisis dan perbaikan proses klinik serta manajemen, harus dikelola dengan baik dengan sifat kepemimpinan yang jelas agar tercapai hasil maksimaL.

  TUJUAN

Meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam mengevaluasi program dan analisa data dan keselamatan pasien puskesmas dan klinik pratama dalam melakukan Pengukuran, Evaluasi dan Tindak Lanjut Indikator pada standar peningkatan mutu dan keselamatan pasien, dengan tujuan khusus untuk:

  1. Mengevaluasi penilaian kinerja dan pelayanan klinis
  2. Mengevaluasi program sasaran Keselamatan Pasien
  3. Mengevaluasi kegiatan manajemen resiko
  4. Mengevaluasi pelaksanaan kontrak kerja terkait pelayanan klinis
  5. Mengevaluasi peningkatan mutu pelayanan laboratorium
  6. Mengevaluasi pelaksanaan Diklat MPKP ekternal dan internal
  7. Mengevaluasi peningkatan mutu pelayanan obat
  8. Mengevaluasi peningkatan mutu pelayanan ANC

  PESERTA

Workshop ini secara umum perlu diikuti oleh pimpinan, manajer dan staf FKTP serta secara khusus perlu diikuti oleh staf FKTP yang terkait dalam pengumpulan, validasi, pengolahan dan analisa data Program peningkatan mutu dan keselamatan pasien FKTP


  MATERI

Workshop ini akan terdiri dari pokok-pokok materi sebagai berikut:

  1. Konsep dasar peningkatan mutu dan keselamatan pasien
  2. Evaluasi dan analisa data mutu dan keselamatan pasien


NARASUMBER

  1. dr. Tjahjono Kuntjoro, MPH, Dr.PH
  2. dr. Lina Kurniawati, MPH
  3. Nusky Syaukani, MPH


AGENDA

HARI I

Waktu Kegiatan Fasilitator
08.00-08.30 Registerasi Panitia
08.30-08.45

Pengantar Pelatihan

materi

Tjahjono Kuntjoro
09.45-10.30

Konsep Dasar Peningkatan Mutu dan keselamatan pasien

materi

Tjahjono Kuntjoro
10.30-10.45 Rehat Pagi  
10.45-11.30

Sistem manajemen mutu menurut standar akreditasi Bab 3, 6, dan 9 Standar akreditasi Puskesmas, dan Bab 4 Standar akreditasi klinik pratama

materi

Lina Kurniawati
11.30-12.15

Penyusunan kebijakan Mutu

materi

Nusky Syaukani
12.15-13.00 ISHOMA  
13.00-13.30

Praktek penyusunan program mutu dan Keselamatan Pasien

materi

Nusky Syaukani
13.30-14.30

Perbaikan mutu berkesinambungan (CQI): Siklus PDCA 

materi

Nusky Syaukani

14.30-16.00

 

Penyusunan indikator-indikator kinerja pelayanan klinis dan keselamatan pasien

materi

Tjahjono Kuntjoro, Lina Kurniawati

Reportase hari 1


Peserta diharapkan:

  1. Membawa data kinerja mutu FKTP atau bagian/bidang/unit masing-masing selama periode tahun 2016 (bila memungkinkan dalam bentuk data per bulan) dan laptop/Notebook untuk latihan pengolahan dan analisa data.
  2. Membawa 1 (satu) contoh (bila ada) laporan perbaikan mutu.