Manajemen Kepala Ruang Untuk Meningkatkan Mutu Asuhan Keperawatan

mkr

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK-KMK Universitas Gadjah Mada telah menyelenggarakan bimbingan teknis “manajemen kepala ruang” tanggal 26-27 Dese,ber tahun 2018. Bimtek ini dilakukan untuk menjawab keresahan kepala ruang tentang tugas dan fungsinya. Fakta di rumah sakit bahwa kepala ruang bingung tentang perbedaan tugas antara kepala ruang dengan case manager sehingga bimtek ini penting untuk diselenggarakan.

kr2

Bimtek ini diselenggarakan oleh divisi manajemen mutu PKMK FK-KMK UGM kerjasama dengan Indonesia Healthcare Quality Network (IHQN). Bimtek serupa juga akan diselenggarakan pada tahun-tahun seterusnya. Selain dalam bentuk Bimtek, kegiatan ini juga dapat diselenggarakan dalam bentuk in house training (IHT). Keunggulan metode Bimtek, peserta internal rumah sakit lebih banyak yang terpapar tentang konspe manajemen kepala ruang.

kr3

Kegiatan ini memberikan beberapa teori dan teknis tentang:

  1. Tools perencanaan kebutuhan Sumber Daya Manusia
  2. Cara melakukan komunikasi efektif
  3. Lembar catatan keperawatan
  4. Lembar kerja audit keperawatan
  5. Lembar kerja menyusun indikator asuhan keperawatan, analisa dan menyusun rencana tindak lanjut
  6. Pembiayaan asuhan keperawatan
  7. Lembar kerja lean management
  8. Tools manajemen risiko

Narasumber dan fasilitator pada kegiatan ini yaitu dr. Hanevi Djasri MARS, Patricia Suti Lasmani, SKep, Ns, MPH, dan Eva Tirtabayu Hasri S.Kep, MPH.

Penulis: Eva Tirtabayu Hasri MPH [0823-2433-2525 | This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. ]

 

Add comment


Security code
Refresh