WEBINAR MINI BIMTEK (MiBi)

DETEKSI POTENSI FRAUD DI RUMAH SAKIT
MENGGUNAKAN BERKAS REKAM MEDIS

Selasa, 15 Mei 2018 Pukul 09.00 – 13.00 WIB

  LATAR BELAKANG

Fraud layanan kesehatan (atau kecurangan JKN) secara umum mengancam keberlangsungan program JKN. Fraud menyebabkan dana JKN terserap tinggi namun untuk pelayanan kesehatan yang tidak optimal. Namun, saat ini, fraud juga mulai mengancam rumah sakit (RS) Anda. KPK akan menindak provider yang terbukti melakukan fraud mulai tahun 2018. KPK menyebut dalam satu semester pada tahun 2015, ada sekitar 175 ribu klaim dari provider ke BPJS Kesehatan dengan nilai Rp 400 miliar yang terdeteksi ada kecurangan. Per Februari 2017 bahkan sudah ada 1 juta klaim yang terdeteksi (sumber).

Rumah sakit seringkali tidak sadar telah melakukan tindakan kecurangan JKN. Padahal gejala fraud dapat diketahui dan dilakukan pencegahannya sedini mungkin dengan cara sedehana: deteksi dini potensi fraud. Salah satu bahan deteksi potensi fraud adalah berkas rekam medis. Menurut PERMENKES No: 269/MENKES/PER/III/2008 yang dimaksud rekam medis adalah berkas yang berisi catatan dan dokumen antara lain identitas pasien, hasil pemeriksaan, pengobatan yang telah diberikan, serta tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien.

Rekam medis merupakan data yang kaya terdiri dari catatan-catatan data pasien yang dilakukan selama pelayanan kesehatan. Data-data ini bila ditelusur dapat membantu kita menggali potensi-potensi fraud yang disebut dalam PMK No. 36/ 2015. Deteksi potensi fraud membutuhkan instrumen yang sensitif hingga dapat membantu kita menggali sebanyak-banyaknya potensi fraud yang ada di rumah sakit.

  MATERI

Materi yang akan Anda pelajari dalam MiBi ini adalah:

  1. Teori dasar deteksi potensi fraud layanan kesehatan.
  2. Teori deteksi potensi fraud menggunakan berkas rekam medis.
  3. Penggunaan instrumen deteksi potensi fraud menggunakan berkas rekam medis.

  NARASUMBER

Narasumber dalam kegiatan ini adalah drg. Puti Aulia Rahma, MPH – yang sekaligus merupakan pengelola Community of Practice (CoP) Anti Fraud Layanan Kesehatan – PKMK FKKMK UGM. Narasumber bergabung di Divisi Manajemen Mutu – PKMK FKKKMK UGM sejak 2010. Sejak 2014 fokus dalam edukasi, pengembangan instrument dan regulasi, serta penelitian terkait pencegahan dan pengendalian fraud layanan kesehatan. Kegiatan pengedalian fraud layanan kesehatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan, BPJS Kesehatan, KPK, ACFE Indonesia, serta fasilitas-fasilitas kesehatan seluruh Indonesia. Narasumber pernah mengikuti konferensi anti fraud yang diselenggarakan oleh NHCAA di Amerika Serikat tahun 2014. Saat ini sedang menjalani kursus persiapan untuk sertifikasi Certified Fraud Examiner (CFE) pada Juni 2018.

  SASARAN PESERTA

Kriteria peserta yang dapat mengikuti kegiatan ini adalah:

  1. Ketua dan anggota Satuan Pengawas Internal (SPI) RS.
  2. Ketua dan anggota Tim Pencegahan Kecurangan JKN di RS.
  3. Staff IT RS yang sedang mengambangkan sistem deteksi potensi fraud berbasis IT.
  4. Mahasiswa yang sedang mempelajari atau meneliti terkait pengembangan instrumen deteksi potensi fraud layanan kesehatan di RS.
  5. Anda yang berminat dalam ilmu deteksi potensi fraud dan akan mengajarkannya kepada pihak lain.

Peserta MiBi dibatasi hanya 20 orang per gelombang. Ini untuk menjamin Anda mendapat sesi diskusi yang memadai dengan narasumber saat MiBi berlangsung.

FASILITAS

Fasilitas yang akan Anda dapatkan dalam Bimtek ini adalah:

  1. Materi dalam bentuk PPT.
  2. Instrumen deteksi potensi fraud menggunakan berkas RM.
  3. Sertifikat dalam bentuk softfile (dikirim sekira 1 (satu) minggu setelah acara berlangsung).
  4. Diskusi online melalui WA Grup hingga 1 (satu) minggu setelah selesai MiBi.

Kami mendukung kehidupan bumi yang lebih hijau dan sehat. Makanya, kami mengurangi pencetakan berbagai dokumen. Semua materi dan sertifikat akan kami kirim ke email Anda. Pastikan email Anda aktif dan storage email Anda cukup.

  PERSIAPAN PESERTA

Hal-hal berikut perlu Anda siapkan dan lakukan sebelum Anda mengikuti Bimtek:

  1. Ruangan yang nyaman agar Anda dapat mengikuti webinar MiBi dengan baik.
  2. Kami sarankan Anda menggunakan PC, laptop, maupun notebook – bukan Hp – agar dapat megikuti webinar dan praktikum dengan nyaman.
  3. Internet dengan bandwidth 2 MB.
  4. Headset agar Anda dapat mendengar suara kami lebih jernih.
  5. Download semua materi yang kami kirim via email. Bila Anda sempat, pelajari sekilas materi tersebut.
  6. PPK dan berkas rekam medis (termasuk resume medis untuk klaim) sesuai topik (diagnosis/ tindakan) yang Anda pilih. Tanpa ada PPK dan rekam medis, Anda tidak dapat praktikum.

  BIAYA

Early bird (1 bulan sebelum acara)

  • peserta perorangan Rp. 3.000.000/orang
  • peserta berkelompok mulai dari 5-9 orang Rp.2.500.000/orang (mulai dari Rp.12.500.000 - Rp.22.500.000)
  • peserta berkelompok mulai dari 10 - lebih Rp.2.000.000/orang (mulai dari Rp.20.000.000 - lebih)

Reguler & Onsite

  • peserta perorangan Rp. 3.500.000/orang
  • peserta berkelompok mulai dari 5-9 orang Rp.3.000.000/orang (mulai dari Rp.15.000.000 - Rp.27.000.000)
  • peserta berkelompok mulai dari 10 - lebih Rp.2.500.000/orang (mulai dari Rp.25.000.000 - lebih)

  Kontak

Silakan hubungi kami bila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut

Informasi Konten
Puti Aulia Rahma, drg., MPH | 081329358583 | This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 

Informasi Penyelenggaraan
Anantasia Noviana, SE | 082116161620 | This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 
Maria Lelyana | 081329760006 | This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.