International Forum on Quality & Safety in Healthcare: Strive for Excellence, Seek Value, Spark a Revolution

International Forum on Quality & Safety in Healthcare:
Strive for Excellence, Seek Value, Spark a Revolution

Paris, 8-11 April 2014

Reportase oleh: Hanevi Djasri

11apr-2

British Medical Journal (BMJ) dan Institute for Healthcare Improvement (IHI) kembali mengadakan forum internasional untuk membahas berbagai perkembangan upaya peningkatan mutu dan keselamatan pasien dalam pelayanan kesehatan. Forum ini diselenggarakan di The Le Palais des Congres, Paris, Perancis. 

Pada hari pertama tercatat diikuti oleh 3.030 peserta dari 78 negara. Forum dibuka oleh Fiona Godlee, Editor in Chief, British Medical Journal dan juga oleh Jean Luc Harrouseau, Presiden, Haute Autorite de Sante (HAS) yang menjelaskan mengenai gambaran umum isi forum. Forum terdiri dari kegiatan pre-forum (1 hari) dan forum utama (3 hari) yang dibagi menjadi yaitu 6 topik utama: Improving clinical performance, Safe and reliable care, Patient and family centred care, Leading effective change, Improving population and community health dan Technology and innovation.

p3Penulis sebagai wakil di PKMK FK-UGM yang juga sebagai peserta satu-satunya dari Indonesia, memilih untuk mengikuti topik-topik yang terkait dengan Improving clinical Performance dan Leading Effective Change, hal ini berdasarkan pertimbangan bahwa pada tahun 2014 ini kami di PKMK FK-UGM memiliki penelitian yang cukup penting mengenai "Pengembangan Model Pelayanan TB yang Efektif dan Efisien di RS" yang merupakan kerjasama dengan 3 RS dan Otsuka Foundation. Dalam skala yang lebih besar pilihan ini juga atas latar belakang mulainya Sistem Jaminan Kesehatan Nasinonal kita, yang menjanjikan adanya pelayanan kesehatan yang bermutu dan efisien.

Total disajikan sebanyak 85 sesi dalam waktu 3 hari baik sesi pleno maupun pararel. Penulis mengikuti 15 sesi terpilih yang diharapkan dapat memerikan masukan bagi penelitian tersebut diatas dan juga untuk JKN. Topik dengan Improving clinical Performance banyak memberikan contoh upaya peningkatan mutu, sedangkan topik Leading Effective Change banyak mengkaitkan antara mutu dengan biaya.

Setiap sesi saling terkait satu sama lain, sehingga laporan reportase ini tidak disusun berdasarkan urutan sesi/hari namun berdasarkan topik/isue yang disampaikan oleh berbagai pembicara dari berbagai sudut pandang yang penulis coba bagi menjadi 3 bagian sesuai motto dari forum ini: Strive for Excellence, Seek Value, Spark a Revolution. Reportase ini juga dilengkapi dengan beberapa catatan untuk konteks Indonesia menurut pandangan penulis serta beberapa catatan ringan terkait dengan keikutsertaan penulis dalam forum ini.

Selamat menikmati.

 

Strive For Excellence

Seek Value

Spark a Revolution