Apa yang harus Anda Tahu tentang Rekam Medis?

13sept

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK)-FKKMK UGM secara aktif menyelenggarakan pelatihan Rekam Medis. Pelatihan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit menyusun rekam medis yang sesuai standar akreditasi dan user friendly. Berbagai macam formulir rekam medis yang telah disusun RS, namun masih juga terdapat bagian yang belum terisi dan susah dibaca. Bagian rekam medis yang sering tidak terisi seperti berat badan, tinggi badan, head to toe, dan tulisan profesional pemberi asuhan yang kadang sulit terbaca.

Tulisan yang sulit terbaca menyebabkan sulitnya melakukan audit klinis. Rekam medis merupakan dokumen yang digunakan untuk mengevaluasi mutu pelayanan klinis yang diberikan oleh PPA, sehingga tulisan di RM yang mudah terbaca penting untuk mendukung audit klinis.

Pada pelatihan rekam medis yang diselenggarakan oleh PKMK FKKMK UGM, peserta diberi pengetahuan dan keterampilan tentang koding ICD 10 dan 9, rekam medis rawat inap, rekam medis rawat jalan, resume medis, dan audit klinis. Harapannya setelah mengikuti pelatihan, peserta mengetahui dan mampu melakukan koding dengan benar, menulis status pasien secara lengkap dan benar, dan mengevaluasi mutu tata laksana klinis. Pelatihan ini difasilitasi oleh dr. Endang Suparniati M.Kes dan Eva Tirtabayu Hasri S.Kep.,MPH.

Beberapa rumah sakit yang telah mengikuti pelatihan PKMK antara lain: RSUD dr. T.C. Hillers Maumere, RSUD Hj.Anna Lasmanah Banjarnegara, RS Hermina Tangkubanperahu Malang, Rumah Sakit TK IV 01.07.01 Pematangsiantar, RSUD KH. Mansyur, RST.wijayakusuma purwokerto, RS Bhirawa Bhakti Malang, Klinik Kinibalu Banjarmasin, Rumkitban 05.08.03 Sidoarjo, Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika Papua, Rumah Sakit Tk. II Iskandar Muda Banda Aceh, RS Tk II Dr R Hardjanto Balikpapan, Rumkit Tk. IV 04.07.03 dr. Asmir Salatiga, RSU Santa Maria Pemalang, RS Mata Solo, Rumkit Tk.II dr. Soedjono Magelang, RSU Lirboyo Kediri, RS TK IV Guntur Garut, RSUD dr.Sadikin Kota Pariaman Sumatera Barat, RSUD BANYUMAS, RS Gunung Manik, RS Prima Pekanbaru, RS Bethesda Yogyakarta, RSUD PALABUHAN RATU, RS Tiara Kasih Sejati Pematangsiantar, RSUD Waluyo Jati, RSUD PROF H.M.CHATIB QUSWAIN, RS Priscilla Medical Center Cilacap, RS SUKMUL SISMA MEDIKA TANJUNG PRIOK, Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya, RS Permata Pamulang, RSU Kertha Usada, RSUD dr. Hendrikus Fernandez Larantuka, RS Jasa Kartini Tasikmalaya, RSMP, RS Ki Ageng Sedayu Pekalongan, Bhakti Husada Cikarang, RSUD Waluyo Jati Kraksaan Probolinggo, RS H.A Zaky Djunaid, RSUD KAJEN Kab. Pekalongan.

Pelatihan rekam medis rutin diselenggarakan oleh PKMK. PKMK juga menyelenggarakannya dalam bentuk In House Training (IHT). Manfaat IHT, lebih banyak peserta yang dapat mengakses ilmu dan lebih mendalam. Segera hubungi tim kami !

Reporter: Eva Tirtabayu Hasri (0823-2433-2525)