Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Sudah 7 Puskesmas di Luwu Timur Telah Terakreditasi

Screen Shot 2017 10 27 at 9.24.46 AMLUWU TIMUR - Pemerintah Kabupaten Luwu Timur terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) agar memenuhi standar pelayanan.

Pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan terus mendorong seluruh Puskesmas di Luwu Timur agar bisa terakreditasi.

Seperti yang terlihat pagi ini, Puskesmas Wotu Kabupaten Luwu Timur menerima kunjungan tim surveyor Akreditasi Puskesmas dari Kementerian Kesehatan RI. Tim surveyor yang berjumlah tiga orang masing-masing, dr Sarminto, drg Glen Kaunang, dan dr Adhe Ismawan melakukan survei akreditasi di Puskesmas Wotu, Kamis (26/10/2017).

Mewakili Bupati, Asisten Administrasi Umum, Aini Endis Anrika saat menerima tim survei mengatakan akreditasi puskesmas sangat penting artinya karena merupakan bentuk pengakuan bahwa puskesmas tersebut telah memenuhi standar pelayanan dalam meningkatkan mutu pelayanan.

Screen Shot 2017 10 27 at 9.25.33 AM

Lanjut Endis, dari 15 Puskesmas yang akan diakreditasi sampai tahun 2018, Puskesmas Wotu merupakan puskesmas ke 11 yang telah mengukuti proses akreditasi. Namun secara keseluruhan, ada 7 Puskesmas yang telah terakreditasi.

"Survei akreditasi puskesmas wotu ini diharapkan dapat meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan termasuk memotivasi para petugas kesehatan agar lebih profesional dalam memberikan layanan kesehatan," jelas Endis.

Mewakili Tim Surveyor, dr Sarminto mengatakan survey akreditasi dimaksudkan untuk meningkatkan manajemen pelayanan puskesmas. Menurutnya disamping melakukan survey, juga akan dilakukan pembinaan.

"Saya harapkan kejujuran dari seluruh petugas kesehatan agar pembinaan ini nantinya berjalan maksimal," katanya.

Acara penerimaan tim surveyor ini juga dihadiri camat Wotu, Irawan Ali, Tokoh masyarakat yang juga kepala Puskesmas Pertama di Wotu, dr. Sartian dan para Kepala Desa dan Kepala Sekolah se Kecamatan Wotu.

 

Oleh: Andi Chaerul Fadli

Sumber: http://news.rakyatku.com/