Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Kerangka Kerja untuk Sistem Pelayanan Kesehatan yang Menyediakan Pelayanan Klinis Non-COVID-19 Selama Pandemi COVID-19

Tujuan

Untuk menyediakan sistem kesehatan dengan kerangka kerja untuk memberikan pelayanan kesehatan non-COVID-19 selama pandemi COVID-19.

Latar Belakang

Pada awal pandemi COVID-19, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan bahwa sistem perawatan kesehatan memprioritaskan kunjungan mendesak dan menunda perawatan elektif untuk mengurangi penyebaran COVID-19 dalam pengaturan perawatan kesehatan. Konsekuensi dari pandemi ini adalah kurang pemanfaatan layanan medis penting untuk pasien dengan kebutuhan kesehatan mendesak dan darurat yang tidak terkait COVID-19 [1-3]. Ketika pandemi berlanjut, sistem layanan kesehatan harus menyeimbangkan kebutuhan untuk menyediakan layanan yang diperlukan sambil meminimalkan risiko bagi pasien dan tenaga kesehatan. Karena efek COVID-19 berbeda di antara masyarakat, sistem layanan kesehatan juga perlu mempertimbangkan tingkat lokal transmisi COVID-19 ketika membuat keputusan tentang penyediaan layanan medis. Dokumen ini menyediakan kerangka kerja untuk pengiriman perawatan klinis non-COVID selama pandemi COVID-19. Mengingat sifat dinamis pandemi ini, pertimbangan dapat berubah dari waktu ke waktu dan bervariasi berdasarkan jenis praktik dan pengaturan.

Pertimbangan utama

  • • Bersiaplah untuk secara cepat mendeteksi dan menanggapi peningkatan kasus COVID-19 di masyarakat.
    • Tetap terinformasi. Konsultasikan secara teratur dengan lokal departemen kesehatan untuk informasi dan rekomendasi spesifik wilayah. Pantau tren jumlah dan kematian kasus lokal, terutama untuk populasi berisiko tinggi untuk penyakit parah.
    • Sebelum memperluas untuk menyediakan layanan elektif, sistem pelayanan kesehatan harus beroperasi meskipun tanpa standar pelayanan krisis. Pastikan kapasitas staf dan tempat tidur memadai, ketersediaan peralatan pelindung diri dan persediaan lainnya, dan akses ke alat penting lainnya untuk menanggapi lonjakan kasus jika diperlukan.
  • Berikan perawatan dengan cara yang teraman mungkin.
    • Optimalkan layanan telehealth/telemedicine jika tersedia dan sesuai, untuk meminimalkan kebutuhan layanan pasien.
    • Ikuti praktik pengendalian infeksi yang direkomendasikan untuk mencegah penularan agen infeksi, termasuk skrining semua pasien untuk tanda dan gejala COVID-19, kontrol sumber universal, dan praktik pengendalian infeksi khusus untuk COVID-19 . Biasakan diri dengan COVID-19 pencegahan infeksi dan rekomendasi pengendalian kesehatan khusus untuk pengaturan Anda.
  • Pertimbangkan bahwa layanan mungkin perlu diperluas secara bertahap.
    • Buat keputusan untuk memperluas perawatan yang diperlukan berdasarkan epidemiologi lokal dan bersamaan dengan rekomendasi dari lokal pejabat negara.
    • Memprioritaskan layanan, yang jika ditangguhkan, kemungkinan besar akan mengakibatkan penyakit yang lebih serius pada pasien.
    • Memprioritaskan populasi berisiko yang akan mendapat manfaat paling besar dari layanan-layanan itu (misalnya, mereka yang memiliki kondisi kesehatan mendasar yang serius, mereka yang paling berisiko untuk komplikasi dari perawatan yang tertunda, atau mereka yang tidak memiliki akses ke telehealth/ telemedicine).

Tabel berikut menyediakan kerangka kerja untuk mempertimbangkan beberapa faktor ini. Contoh ini mungkin tidak lengkap; keputusan yang dibuat oleh sistem perawatan kesehatan akan tergantung pada faktor-faktor lokal yang tidak dibahas dalam tabel ini.

Tabel Kerangka kerja untuk penyediaan layanan kesehatan non-COVID-19 selama pandemi COVID-19, yang berpotensi membahayakan pasien dan tingkat penularan di komunitas

Berpotensi

membahayakan pasien

Contohnya Transmisi komunitas substansial Transmisi komunitas
skala besar, termasuk pengaturan komunal (mis. Sekolah, tempat kerja)
Transmisi komunitas Minimal hingga Sedang Transmisi
berkelanjutan dengan kemungkinan tinggi atau paparan yang dikonfirmasi dalam pengaturan komunal dan berpotensi untuk peningkatan kasus yang cepat
Tidak untuk transmisi masyarakat minimal
Bukti kasus terisolasi atau transmisi komunitas terbatas, penyelidikan kasus sedang berlangsung; tidak ada bukti paparan dalam pengaturan komunal yang besar
Kemungkinan besar
Penangguhan perawatan secara langsung sangat mungkin mengakibatkan bahaya pada pasien
  • Tanda / gejala stroke atau serangan jantung
  • Keadaan darurat gigi
  • Nyeri perut akut
  • Perawatan untuk diagnosa kanker tertentu
  • Kunjungan anak yang baik untuk bayi yang baru lahir
Berikan perawatan tanpa penundaan; pertimbangkan apakah layak untuk mengalihkan perawatan ke fasilitas yang tidak terlalu terpengaruh oleh COVID-19. Berikan perawatan tanpa penundaan; pertimbangkan apakah fasilitas Anda dapat memberikan perawatan pasien, alih-alih memindahkannya ke fasilitas yang tidak terlalu terpengaruh oleh COVID-19. Berikan perawatan tanpa penundaan sambil melanjutkan praktik perawatan reguler.
Lebih kecil kemungkinannya
penangguhan perawatan di-orang dapat mengakibatkan kerusakan pada pasien
  • Vaksinasi anak
  • Perubahan gejala untuk kondisi kronis
  • Cedera muskuloskeletal
  • Perbaikan bedah terencana tertentu
  • Terapi fisik atau pekerjaan
Jika perawatan tidak dapat diberikan dari jarak jauh, atur perawatan secara langsung sesegera mungkin dengan prioritas untuk populasi berisiko *. Gunakan telehealth jika perlu. Jika perawatan tidak dapat diberikan dari jarak jauh, berusahalah untuk memperluas perawatan secara langsung ke semua pasien dalam kategori ini. Gunakan telehealth jika perlu.

Lanjutkan praktik perawatan rutin sambil terus menggunakan telehealth jika sesuai.

Tidak mungkin
Penangguhan perawatan secara pribadi tidak mungkin mengakibatkan bahaya pada pasien
  • Perawatan primer atau khusus rutin
  • Merawat kondisi kronis yang terkontrol dengan baik
  • Penapisan rutin untuk kondisi tanpa gejala
  • Kebanyakan operasi dan prosedur elektif
Jika perawatan tidak dapat dilakukan dari jarak jauh, pertimbangkan menunda sampai transmisi komunitas berkurang. Gunakan telehealth jika perlu. Jika perawatan tidak dapat diberikan dari jarak jauh, berusahalah untuk memperluas perawatan di-orang sesuai kebutuhan dengan prioritas untuk populasi yang berisiko * dan mereka yang perawatannya, jika terus ditunda, akan lebih mungkin mengakibatkan kerusakan pada pasien. Gunakan telehealth jika perlu. Lanjutkan praktik perawatan rutin sambil terus menggunakan telehealth jika sesuai.

* Mereka yang memiliki kondisi kesehatan mendasar yang serius, mereka yang paling berisiko mengalami komplikasi dari perawatan yang tertunda, dan mereka yang tidak memiliki akses ke layanan telehealth.

References

  1. De Filippo O, D’Ascenzo F, Angelini F, et al. Reduced rate of hospital admissions for ACS during Covid-19 outbreak in Northern Italy. N Eng J Med. 2020 Apr 28. doi: 10.1056/NEJMc2009166.
  2. Guo H, Zhou Y, Liu X, Tan J. The impact of the COVID-19 epidemic on the utilization of emergency dental services. J Dent Sci. 2020 Mar 16. doi:10.1016/j.jds.2020.02.002.
  3. Metzler B, Siostrzonek P, Binder RK, et al. Decline of acute coronary syndrome admissions in Austria since the outbreak of COVID-19: The pandemic response causes cardiac collateral damage. Eur Heart J. 2020 Apr 16. doi: 10.1093/eurheartj/ehaa314.

Sumber: https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/hcp/framework-non-COVID-care.html