Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Investigasi Kasus dan Penelusuran Kontak: Bagian dari Pendekatan Multiguna untuk Memerangi Pandemi COVID-19

Berikut ini menyoroti prinsip-prinsip dasar penyelidikan kasus dan pelacakan kontak untuk menghentikan transmisi COVID-19.

Investigasi kasus dan penelusuran kontak, merupakan tindakan yang penting dalam pengendalian penyakit yang dapat dilakukan oleh personel pelayanan/departemen kesehatan setempat, dan merupakan strategi yang penting untuk mencegah penyebaran lebih lanjut COVID-19. Diperlukan tindakan segera. Masyarakat harus meningkatkan kemampuan yang besar dan bekerjasama dengan lintas lembaga publik dan swasta untuk menghentikan transmisi COVID-19.

Prinsip-prinsip utama dari investigasi kasus dan penelusuran kontak yang harus selalu dipatuhi:

  • Investigasi kasus adalah bagian dari proses yang mendukung pasien dengan yang dicurigai atau dikonfirmasi terinfeksi
  • Dalam investigasi kasus, staf kesehatan masyarakat bekerja dengan seorang pasien untuk membantu mereka mengingat kembali semua orang yang pernah berhubungan dekat dengan mereka selama jangka waktu sementara dan mereka mungkin telah menular.
  • Staf kesehatan publik kemudian mulai melacak kontak dengan memperingatkan orang-orang yang terpapar ini (kontak) dari potensi paparan mereka secepat dan sesensitif mungkin.
  • Untuk melindungi privasi pasien, kontak hanya diberitahu bahwa mereka mungkin telah terpapar pasien dengan infeksi. Mereka tidak diberi tahu identitas pasien yang mungkin telah mengungkapnya.
  • Kontak disediakan dengan pendidikan, informasi, dan dukungan untuk memahami risiko mereka, apa yang harus mereka lakukan untuk memisahkan diri dari orang lain yang tidak terpapar, memantau diri mereka sendiri terhadap penyakit, dan kemungkinan bahwa mereka dapat menyebarkan infeksi kepada orang lain walaupun mereka sendiri tidak merasa sakit.
  • Kontak didorong untuk tinggal di rumah dan menjaga jarak sosial dari orang lain (setidaknya 6 kaki) sampai 14 hari setelah paparan terakhir mereka, jika mereka juga menjadi sakit. Mereka harus memantau diri mereka sendiri dengan memeriksa suhunya dua kali sehari dan memperhatikan batuk atau sesak napas. Sedapat mungkin, staf kesehatan masyarakat harus memeriksa kontak untuk memastikan mereka melakukan pemantauan sendiri dan belum mengalami gejala. Kontak yang mengalami gejala harus segera mengisolasi diri mereka dan memberi tahu staf kesehatan masyarakat. Mereka harus segera dievaluasi untuk infeksi maupun untuk kebutuhan perawatan medis.

Investigasi kasus dan penelusuran kontak adalah keterampilan khusus. Agar dapat dilakukan secara efektif, diperlukan orang dengan pelatihan, pengawasan, dan akses ke dukungan sosial dan medis baik untuk pasien maupun yang pernah kontak.

Berikut ini termasuk pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk penyelidik kasus dan pelacak kontak, tetapi tidak terbatas pada:

  • Pemahaman tentang kerahasiaan pasien, termasuk kemampuan untuk melakukan wawancara tanpa melanggar kerahasiaan (misalnya, bagi mereka yang mungkin mendengar percakapan mereka)
  • Memahami istilah medis dan prinsip paparan, infeksi, masa infeksi, interaksi yang berpotensi menular, gejala penyakit, infeksi pra-gejala dan infeksi tanpa gejala
  • Keterampilan interpersonal, kepekaan budaya, dan wawancara yang unggul dan peka sehingga mereka dapat membangun dan memelihara kepercayaan dengan pasien dan kontak
  • Diperlukan keterampilan dasar dari konseling krisis, dan kemampuan untuk merujuk pasien dan kontak dengan percaya diri untuk perawatan lebih lanjut.
  • Keahlian dalam menemukan pasien dan kontak yang mungkin sulit dijangkau atau enggan terlibat dalam percakapan
  • Memahami situasi kapan harus merujuk individu ke pengobatan, sosial, ataupun kapan harus kontrol
  • Memiliki kompetensi budaya sesuai dengan budaya masyarakat setempat

Investigasi kasus dan pelacakan kontak adalah bagian dari proses mendukung pasien dan memperingatkan kontak kontak untuk menghentikan rantai penularan.

Mengingat besarnya kasus COVID-19 dan rencana untuk melonggarkan upaya mitigasi seperti tinggal di rumah dan menjaga jarak sosial, masyarakat membutuhkan sejumlah besar penyelidik kasus terlatih dan pelacak kontak. Penyelidik kasus perlu mencari dan berbicara dengan pasien dengan cepat, membantu mengatur agar pasien mengisolasi diri mereka sendiri, dan bekerja dengan pasien untuk mengidentifikasi orang-orang yang kontaknya dekat dengan pasien sehingga pelacak kontak dapat menemukan mereka. Jumlah aktual staf yang dibutuhkan cukup besar dan bervariasi tergantung pada sejumlah faktor termasuk beberapa hal di bawah ini, tetapi tidak terbatas pada:

  • Jumlah kasus harian
  • Jumlah kontak yang diidentifikasi
  • Seberapa cepat pasien diisolasi, dan kontak diberitahu dan disarankan untuk tinggal di rumah, memonitor diri, dan menjaga jarak sosial dari orang lain

Sekarang waktunya untuk mulai membangun tenaga kerja terlatih.

Waktu adalah esensi.

Mengidentifikasi kontak dan memastikan mereka tidak berinteraksi dengan orang lain sangat penting untuk melindungi komunitas dari penyebaran lebih lanjut. Jika komunitas tidak dapat mengisolasi pasien secara efektif dan memastikan kontak dapat memisahkan diri dari yang lain, penyebaran COVID-19 yang cepat di masyarakat cenderung meningkat ke titik di mana diperlukan strategi mitigasi yang ketat untuk mengendalikan virus.

Investigator kasus dan pelacak kontak perlu beberapa hal di bawah ini:

  • Segera mengidentifikasi dan mewawancarai orang-orang dengan infeksi SARS CoV-2 dan COVID-19
  • Mendukung isolasi mereka yang terinfeksi
  • Memperingatkan kontak dari paparan mereka, menilai gejala dan risiko mereka, dan memberikan instruksi untuk langkah selanjutnya
  • Hubungkan mereka yang memiliki gejala dengan tes dan pelayanan

Berdasarkan pengetahuan kami saat ini, kontak dekat adalah seseorang yang berada dalam jarak 6 kaki dari orang yang terinfeksi selama setidaknya 15 menit mulai dari 48 jam sebelum timbulnya penyakit sampai waktu pasien diisolasi. Mereka harus tinggal di rumah, menjaga jarak sosial, dan memantau diri sendiri hingga 14 hari sejak tanggal paparan terakhir.

Investigasi kasus dan pelacakan kontak di fasilitas pelayanan, dan lainnya terkait pengaturan tempat tinggal dan rumah tangga dengan banyak orang yang tinggal dan berkumpul di satu rumah adalah prioritas.

Investigasi kasus dan pelacakan kontak dengan COVID-19 berpotensi terpapar di tempat kerja dan pasien di fasilitas pelayanan kesehatan, tempat tinggal atau perumahan sangat komplek dengan banyak didalamnya. Direkomendasikan keterlibatan yang tepat dengan pengendalian infeksi dan program kesehatan kerja. Pengaturan prioritas termasuk;

  • Fasilitas pelayanan kesehatan termasuk fasilitas pelayanan jangka panjang
  • Papapn / kelompok rumah
  • Tempat penampungan tunawisma
  • Fasilitas fasilitas pemasyarakatan
  • Perumahan padat multigenerasi

Selain pekerja pelayanan kesehatan, penting untuk menilai interaksi antara penduduk dan semua staf, termasuk tetapi tidak terbatas pada koordinator kegiatan, staf layanan makanan, dan manajemen sanitasi. Rencana manajemen kasus transisi harus dibuat untuk pasien dalam isolasi dan kontak yang terpisah untuk pemantauan. Rencana manajemen juga harus dibuat untuk transisi dari satu pengaturan ke pengaturan lain, seperti transisi dari rumah sakit ke fasilitas pelayanan akut atau jangka panjang atau isolasi rumah, atau dari penjara dan penjara ke pembebasan bersyarat dan masa percobaan.

Layanan sosial dan keadaan rumah akan diperlukan untuk kontak yang tidak dapat memisahkan diri dari orang lain dalam situasi kehidupan mereka saat ini.

Memisahkan kontak dari orang yang tidak terpapar sangat penting untuk keberhasilan upaya pelacakan kontak dan memerlukan dukungan sosial untuk kepatuhan individu dan pemantauan medis. Yang pertama dan terpenting adalah penilaian kemampuan individu untuk tinggal di rumah dan menjaga jarak sosial dari orang lain, lingkungan yang aman yang menyediakan dukungan yang diperlukan (kamar dan kamar mandi pribadi, makanan dan air yang memadai, dan akses ke obat-obatan) dan kemampuan untuk berlatih secara memadai terkait pengendalian infeksi. Untuk sebagian dari populasi AS ini akan menjadi tantangan, terutama untuk beberapa populasi yang paling rentan .

Layanan pendukung perlu dipertimbangkan termasuk rumah, makanan, obat-obatan, dan dukungan ekonomi. Untuk kontak tanpa penyedia layanan primer, hubungan dengan pelayanan klinis mungkin diperlukan. Dukungan untuk pemantauan medis termasuk paket perawatan pasien (misalnya, termometer, pembersih, masker, sarung tangan) dan dukungan teknologi untuk pemantauan medis (misalnya, aplikasi ponsel). Jika memungkinkan, kontak harus diminta untuk secara sukarela tinggal di rumah, memantau diri mereka sendiri, dan menjaga jarak sosial dari orang lain. Namun, departemen kesehatan memiliki wewenang untuk mengeluarkan perintah hukum karantina, jika situasinya menjamin hal itu.

Komunikasi dengan publik sangat penting.

Keterlibatan publik dengan penyelidik kasus dan pelacak kontak harus diterima secara luas untuk melindungi teman, keluarga, dan anggota masyarakat dari kemungkinan infeksi di masa mendatang. Pejabat publik dan tokoh masyarakat perlu dilibatkan dan mendukung penyelidikan kasus dan upaya pelacakan kontak. Pertimbangkan untuk menghubungi pemimpin masyarakat sebagai bagian dari investigasi kasusdi tingkat lingkungan dan tim penelusuran kontak. Untuk menjadi sukses, suatu komunitas akan membutuhkan kesadaran publik, dan pemahaman dan penerimaan investigasi kasus dan pelacakan kontak dan kebutuhan untuk kontak dapat memisahkan diri dari orang lain yang tidak terpapar. Anggota masyarakat perlu bertanggung jawab untuk mengikuti panduan dari badan kesehatan masyarakat.

Diperlukan manajemen data dan teknologi

Investigasi kasus, pelacakan kontak, dan tindak lanjut kontak serta pemantauan perlu dihubungkan dengan pengujian tepat waktu, layanan klinis, dan sistem manajemen data yang gesit untuk memfasilitasi transmisi elektronik real-time dari laboratorium dan data kasus untuk tindakan kesehatan masyarakat. Mitra teknologi adalah kunci dalam memodifikasi pengembangan sistem yang ada untuk pengguna baru data yang mudah digunakan untuk mengelola beberapa aliran data dengan interoperabilitas yang mulus. Perangkat manajemen kasus dapat membantu mengotomatiskan bagian-bagian penting dari penyelidikan kasus dan proses pelacakan kontak, menjadikan proses keseluruhan lebih efisien. Idealnya, sistem data juga akan mencakup laporan otomatis untuk membantu memantau kemajuan dan hasil investigasi kasus dan pelacakan kontak. Perjanjian berbagi data antara lokal dan nasional,dan yurisdiksi federal perlu dibentuk atau ditambah untuk memastikan pengumpulan dan pembagian data yang tepat waktu dan akurat.

Adopsi teknologi yang muncul yang dapat membantu praktisi kesehatan swasta dan publik dengan komunikasi klien, pemantauan medis, dan strategi untuk memperkuat penyelidikan kasus dan pelacakan kontak dapat sangat membantu meningkatkan kegiatan ini sesuai kebutuhan.

Diperlukan pemantauan yang berkelanjutan dan penilaian investigasi kasus dan upaya penelusuran kontak

Lembaga kesehatan masyarakat dan mitra perlu memantau beberapa komponen utama program mereka untuk meningkatkan kinerja sesuai kebutuhan. Metrik potensial yang ditinjau secara rutin dapat mencakup proses dan ukuran hasil berikut:

  • Wawancara kasus: Waktu untuk wawancara sejak mulai gejala dan dari diagnosis; proporsi yang diwawancarai; jumlah rata-rata kontak yang ditimbulkan; proporsi tanpa kontak yang ditimbulkan.
  • Pemberitahuan kontak: Proporsi kontak yang diberitahukan; waktu dari potensi paparan pertama hingga pemberitahuan.
  • Kontak tindak lanjut: Proporsi harian dari kontak yang statusnya dievaluasi; proporsi kontak dengan gejala yang dievaluasi dalam 24 jam setelah timbulnya gejala; proporsi kontak yang menyelesaikan periode pemantauan mandiri penuh
  • Keberhasilan pelacakan kontak: Persentase kasus COVID-19 baru yang muncul di antara kontak selama periode pemantauan mandiri.

Sumber: https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/php/principles-contact-tracing.html